Social Icons

Pages

Minggu, 14 Oktober 2012

Dampak buruk orang yang bermaksiat

Assalamu'alaykum...
إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضل له، ومن يضلل فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمداً عبده ورسوله.
"Segala puji bagi Allah yang hanya kepadaNya kami memuji, memohon pertolongan, dan ampunan. Kami berlindung kepadaNya dari kekejian diri dan kejahatan amalan kami. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada yang dapat menyesatkan, dan barang siapa yang tersesat dari jalanNya maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang berhak diibadahi hanya Allah saja yang tiada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Utusan dan RasulNya"

kemarin ada kajian di Surabaya, poin-poin ini diambil dari kitab Adda'u Waddawa' (kalau tidak salah tulisannya seperti ini).
mau share nih... mudah-mudahan bermanfaat ya...tentang dampak buruk orang yang bermaksiat. apa saja itu?

1. Orang yang bermaksiat, akan tumpul otaknya. karena dijelaskan bahwa ilmu dan maksiat tidak bisa menyatu
2. Terhalagi Rezeqinya. disini dijelaskan bahwa "Sebagaimana taqwa menarik rizqi, maka maksian menarik kefakiran"
3. kegundahan dan perasaan takut. karena di dalam hatinya tidak ada nikmat iman. ini dijelaskan "mata yang bermaksiat disiang hari, maka mustahil ia bangun dimalam hari (sholat tahajud)". hatinya kosong dan kering. Ulama salaf berkata ada seorang laki-laki yang mengatakan "Sesungguhnya aku telah bermaksiat kepada Alloh, maka balasannya tampak pada istriku dan kudaku". suatu hari ada seorang istri yang soleh , dia ditinggal oleh suaminya untuk suatu pekerjaan. ia memiliki pembantu laki-laki, pembantu itu sangatlah sopan. namun pada suatu hari si pembantu berani kurang ajar kepada istri sang majikan. setelah ditelusuri ternyata sang suami sedang bermaksiat di luar rumah.
4. Alloh akan menyulitkan hidupnya.
5. Alloh akan membuat kegelapan di dalam hatinya. Riwayat Ibnu Abbas "Sesungguhnya kebaikan itu menimbulkan cahaya di muka, lentera di dalam hati, kelimpahan rizqi, kekuatan dalam jasmani, dan mengundang cinta makhluq Alloh, dan dosa itu meredupkan cahaya di muka, kegelapan di dalam hati, kelemahan jasmani, kekurangan rizqi, dan mengundang murka"
6. melemahkan hati
7. terhalagi melaksanakan ketaatan
8. memendekkan umur. (mohon dicari keterangan lebih lanjut)
9. maksiat itu menarik maksiat yang lain. misal : seorang suami berselingkuh dengan wanita lain (maksiat 1), ketika sampai di rumah dia ditanya oleh istrinya. maka tidak mungkin dia menjawab " aku baru saja berselingkuh", tentu saja dia akan berbohong supaya tidak ketahuan ( maksiat 2)
10. melemahkan hatinya dalam menggapai cita-citanya. tidak memiliki semangat menggapai tujuannya.
11. menganggap remeh kemaksiatan, karena menganggap kemaksiatan yang dilakukan adalah kemaksiatan kecil.
12. "Setiap kemaksiatan yang ada di zaman ini adalah warisan dari umat terdahulu yang telah dibinasakan"
13. melemahkan seseorang di hadapan Alloh.
14. "Orang beriman melihat dosanya seperti dia duduk dibawah tebing yang diatasnya terdapat batu besar dan takut kalau batu besar tersebut menimpanya, sedangkan orang yang bermaksiat akan melihat dosanya seperti lalat yang hinggap di hidungnya"
15. Orang bermaksiat menyebabkan kekeringan di suatu tempat karena Alloh menahan air hujan.
16. hinanya seorang hamba di hadapan Alloh.
17. merusak akal manusia.
18 Terhalaginya do'a dari malaikat dan Rosululloh SAW
19. Kerusakan du=i muka bumi (Ar-Rum :41)

dari bahasan di atas masih ada beberapa hal yang belum dapat saya tulis disini, dikarenakan waktu tang terbatas.

semoga bermanfaat

wassalamu'alaykum warohmatullohi wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar